Sunday, February 2, 2014

Bitcoin Wallet - Software Wallet

Dompet Bitcoin
Apa itu dompet bitcoin ato bahasa kerennya Bitcoin wallet? Berbeda dengan dompet yang anda pergunakan sehari-hari yang terbuat dari kulit ato kain, melainkan lebih mirip dengan mirip rekening pribadi anda. Bitcoin Wallet memungkinkan anda untuk mengirim dan menerima bitcoin dengan pengguna bitcoin di seluruh dunia.
Di dalam wallet Anda akan menemukan Bitcoin Address. Bitcoin Address adalah ID yang digunakan untuk transaksi dengan orang lain, Anda perlu mendapatkan Bitcoin Address dari lawan transaksi Anda. Sebagai contoh jika Anda ingin mengirimkan donasi kepada saya, Anda bisa kirim ke Bitcoin Address saya yaitu 1NpAax44vvmBd9zATuMY2zJ2Xz3rKfU8cb. ID ini bisa di-generate sebanyak mungkin di dalam Wallet.

Bitcoin Wallet ada 4 macam Software Wallet, Mobile Wallet, Web Wallet, dan Hardware Wallet Keempatnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing :

1.  Software Wallet yang dapat diinstall di PC dan Laptop, dompet paling aman karena memberi Anda kendali penuh terhadap dompet Anda. Anda-lah yang bertanggung jawab untuk melakukan pencadangan dan menjaga uang Anda. 


-   Bitcoin-Qt 
Wallet pertama yang beredar, 
untuk sinkronisasi pertama
membutuhkan waktu yang lama 
karena akan mendownload 
rantai blok transaksi yang ada di
jaringan bitcoin, bisa sekitar 16 gb
per februari 2014 ini kebanyakan
yang memakai adalah developer
cara instal cukup mudah sama 
seperti file software PC pada 
umumnya, setelah terinstall, buka softwarenya dan bitcoin qt akan mulai
mendownload rantai blok transaksi bitcoin dari jaringan.File rantai blok
transaksi bitcoin yang bernama bootstrap.dat yang dapat diunduh secara
manual bisa melalui torrent dan file yang saya pecah per part, unduhan 
manual sebesar 13,2 gb dan anda tetap harus mengunduh hingga tanggal
anda membuka bitcoin qt
      Torrent file bootstrap.dat per 11 januari 2014
    
-   MultiBit
    sebuah software wallet ringan yang terkoneksi dengan jaringan bitcoin tanpa harus mendownloadnya dalam pemakaian, dan sangat mudah digunakan, cara install sangat mudah, sama seperti software PC lainnya.

-   Armory 
    upgrade dari Bitcoin-QT, diklaim paling aman karena anda dapat
    membuat dompet offline berupa cold storage di pc yang offline, hampir sama dengan bitcoin qt dalam sinkronisasi pertama membutuhkan waktu untuk mendownload rantai blok transaksi bitcoin  setelah anda menginstallnya.

-   Electrum
    sama dengan Multibit, dapat langsung dipakai dan tidak perlu mendownload rantai blok transaksi bitcoin karena tersinkronisasi dengan server-server jaringan bitcoin.



    No comments:

    Post a Comment