Saturday, February 1, 2014

Mengenal Bitcoin lebih dalam


Sebelum Memulai mencari Bitcoin, sebaiknya kita mengenal bitcoin lebih dekat dahulu

Bitcoin adalah mata uang digital yang memungkinkan orang untuk melakukan transaksi keuangan secara langsung melalui jaringan internet dan tidak terdesentralisasi serta bersifat terbuka. Layaknya seperti sebuah email, bitcoin dapat ditransfer dari Afrika ke Kanada dalam 10 menit. Tidak ada lembaga keuangan yang memperlambat prosesnya, biaya yang mahal, atau pembekuan dana. Anda bisa membayar anggota keluarga Anda di negara lain sama seperti Anda membayar tetangga sebelah rumah anda

Sejarah Bitcoin
Bitcoin adalah sebuah mata uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh sekelompok atau seorang Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak open source yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer yang menghubungkan semuanya.
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency, pertama kali di deskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunks.

Bagaimana Bitcoin tercipta
Bitcoin sendiri tercipta dari suatu sistem yang kerap mengeluarkan kombinasi algoritma yang unik. Angka inilah yang kemudian ditangkap dengan alat dan software khusus yang kerap disebut bitcoin miner, untuk diterjemahkan sebagai Bitcoin, karena sifatnya yang terbuka, semua orang dapat melihat kode tersebut, tetapi juga bersifat anonymous atau tanpa nama karena yang terbuka hanya sebuah kode bukan data pribadi si pengirim dan penerima

Bagaimana cara kerja Bitcoin?
Inilah pertanyaan yang biasa menyebabkan kebingungan. Ini dia penjelasan singkatnya!

-          Pengguna bitcoin baru
Sebagai pengguna baru, Anda hanya diperlukan untuk membuat sebuah dompet digital yang mirip dengan rekening bank, anda dapat mambuat dompet digital di sebuah computer, laptop, smartphone atau jasa pihak ketiga yang menyediakan dompet digital. Ketika anda sudah membuat sompet, ia akan menghasilkan alamat dompet Bitcoin pertama Anda dan Anda bisa membuat lebih, kapanpun Anda membutuhkanya, bagaimana cara mebuatnya akan saya bahas di artikel lainnya.
-          Saldo - rantai-blok ( Block Chain )
Rantai-blok adalah sebuah catatan transaksi umum bersama  dimana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi terkonfirmasi, terverifikasi dan dapat dilihat oleh semua pihak yang anda di jaringan bitcoin di seluruh dunia. Dengan ini, transaksi baru bisa diverifikasi untuk dibelanjakan yang benar-benar dimiliki oleh pembelanja. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diberlakukan secara kriptografi.
-          Transaksi - kunci pribadi
Sebuah transaksi adalah nilai transfer antara alamat Bitcoin yang termasuk dalam rantai-blok. Dompet Bitcoin menyimpan bagian rahasia dari data yang bernama kunci pribadi untuk setiap alamat Bitcoin. Kunci pribadi digunakan untuk tandatangani transaksi, menyediakan bukti matematis bahwa ia datang dari pemilik dari alamat tersebut. tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan antara pengguna dan dikonfirmasi oleh jaringan dalam beberapa menit, melalui proces bernama penambangan.
-          Memproses - menambang
Penambangan merupakan sebuah sistem kesepakatan terdistribusi yang digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi menunggu dengan memasukkan mereka kedalam rantai-blok. Ia menyusun urutan kronologis dalam rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer yang berbeda untuk menyetujui pada keadaan sistem.
Untuk dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dibungkus dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi yang sangat ketat dan yang akan diverifikasi oleh jaringan. Penambangan juga seperti sebuah lotere yang kompetitif untuk mencegah setiap individu dengan mudahnya menambahkan blok baru secara berturut-turut kedalam rantai-blok. Dengan demikian, tidak ada individu yang bisa mengendalikan apa yang dimasukkan kedalam rantai-blok atau mengganti bagian dari rantai-blok untuk memutar balik transaksi mereka.

Rumit sekali bukan tapi kita sebagai pengguna tidak perlu mengetahui detil kinerja jaringan bitcoin, cukup sebagai pengetahuan umum saja. 
  
Apakah “Bitcoin” berbahaya? 
Hingga kini hal ini masih menjadi perdebatan. Bahkan belum ada satupun sumber yang berhasil mengidentifikasi penemu bitcoin sendiri. Tentunya segala hal ada positif dan negatifnya, termasuk bitcoin
Kelebihan Bitcoin :
1.    Aman dari pemalsuan, hal ini dikarenakan aturan Kriptografi mencegah pemalsuan bitcoin.
2.    Netralitas, Bitcoin tidak dipengaruhi oleh batas negara, politik dan wilayah/daerah.
3.    Bitcoin ini dilindungi dari inflasi. Jumlah Bitcoin dikeluarkan dikendalikan dan terbatas maksimal 21juta Bitcoin.
4.    Lebih efisien dalam bertransaksi karena tidak ada perantara pihak ketiga seperti bank, dan lembaga keuangan lainnya
Kelemahan Bitcoin:
1.    Nilai bitcoin sangat fluktuatif dimana pergerakannya sangat dipengaruhi oleh spekulasi permintaan pasar. pada February 2011, 1 bitcoin berharga US$1, pada akhir November 2013, nilai 1 bitcoin sempat  meroket mencapai harga di kisaran US$1000, sangat mencengangkan bukan, hal itu terjadi karena permintaan pasar yang semakin banyak, karena prosesnya yang terlalu cepat bisa terjadi hal  yang sebaliknya
2.    Meskipun sangat aman dari pemalsuan, namun bitcoin dapat hilang begitu saja jika terjadi kerusakan pada perangkat yang menyimpan dompet digital anda, dan sampai saat ini belum ada pihak yang menjamin tempat penyimpanan bitcoin anda.
3.    Karena mengijinkan bertransaksi tanpa nama (anonymous) maka bitcoin rawan digunakan untuk tindak kejahatan seperti pencucian uang, transaksi narkoba dan komoditas illegal. Salah satu contoh keterkaitannya dengan pasar obat narkotika ilegal secara online, yang diistilahkan dengan istilah jalan sutera/Silk Road, dan jaringan “jalan sutera” ini telah ditutup oleh FBI pada tahun 2013 lalu
4.    Rawan Penipuan ketika menukarkan ke mata uang yang sah.

Pemerintah China dan Eropa juga sudah melarang perbankan setempat untuk memproses seluruh transaksi yang berhubungan dengan Bitcoin, sebab Bitcoin ini sangat populer di China dan Eropa bahkan jumlah penggunanya terus bertambah.

Tapi tidak semua Negara menilai Bitcoin negatif. Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke, menilai Bitcoin bisa jadi alat tukar yang berguna, jika saja bisa diatur dengan baik dan tidak disalahgunakan untuk tindak pencucian uang seperti selama ini.

sebuah Universitas swasta di negara Cyprus, Universitas Nicosia, menerima pembayaran uang kuliah mahasiswanya dengan uang virtual Bitcoin, dan Universitas Cumbria yang merupakan universitas negeri di Inggris telah mengumumkan menerima pembayaran uang kuliah dengan Bitcoin baru dicoba pada dua mata kuliah yaitu, Achievement in Sustainable Exchange yang diajarkan di kampus utama London dan mata kuliah Sustainable Leadership yang dilaksanakan di kampus Lake District.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa orang yang memang gemar mengumpulkan, atau memperjual belikan Bitcoin. Bahkan sudah ada komunitas bitcoin Indonesia 

Sesuatu yang perlu Anda ketahui
Sebelum anda memulai untuk mencari dan mengumpulkan bitcoin, ada beberapa hal yang Anda harus ketahui. Bitcoin memungkinkan Anda untuk menukar uang dengan cara yang lain dari bank biasanya. Dengan demikian, Anda harus meluangkan waktu untuk belajar sebelum menggunakan Bitcoin untuk transaksi penting apapun. Bitcoin haruslah diperlakukan sama seperti Anda perlakukan dompet Anda, atau bahkan lebih dalam beberapa kasus.
-          Amankan dompet Anda
Dalam dunia nyata, dompet Anda yang asli yang berisi uang tunai, kartu atm ataupun kartu identitas diri anda haruslah diamankan, begitu juga dengan dompet digital Bitcoin anda, Bitcoin membuatnya memungkinkan untuk transfer kemana-saja dengan cara yang sangat mudah dan ia memungkinkan Anda untuk mengendalikan uang Anda. Fitur hebat itu juga datang bersama dengan kepentingan keamanan yang hebat. Pada waktu bersamaan, BItcoin menyediakan tingkat keamanan yang sangat tinggi jika digunakan secara benar. Selalu ingat bahwa itu adalah tanggung jawab Anda untuk mengadopsi praktek yang baik dalam rangka melindungi uang Anda.
-          Harga Bitcoin mudah berubah
Harga Bitcoin dapat naik atau turun secara tak terduga selama periode waktu yang singkat dikarnakan oleh ekonominya yang masih muda. Sebagai konsekuensinya, tidak direkomendasikan Anda untuk menyimpan bitcoin dalam jangka yang lama. Bitcoin haruslah dipertimbangkan sebagai aset yang beresiko tinggi. Jika Anda menerima pembayaran dengan Bitcoin, banyak penyedia jasa yang memungkinkan Anda untuk menukarnya secara instan ke mata uang lokal Anda. Dan sekali  lagi berhati-hatilah dengan penipu-penipu yang beredar dalam penukaran bitcoin.
-          Pembayaran Bitcoin tidak dapat dibatalkan
Setiap transaksi yang Anda lakukan dengan Bitcoin tidak dapat dibatalkan. ia hanya bisa di kembalikan oleh orang yang menerima dana tersebut. Itu berarti Anda harus berhati-hati untuk melakukan bisnis dengan orang atau organisasi yang Anda ketahui dan percayai. Tetapi jangan bimbang, Bitcoin dapat mendeteksi kesalahan pengetikan dan biasanya tidak membiarkan Anda mengirim uang ke alamat yang salah.
-          Bitcoin tidak anonim
Walaupun di atas tertulis bersifat anonymous, tetapi tidak secara kode, dan pada saat transaksi. Semua transaksi Bitcoin disimpan secara umum dan permanen pada jaringan, yang berarti siapapun dapat melihat saldo dan transaksi dari alamat Bitcoin siapapun. Bagaimanapun juga, identitas dari pemilik tidak dapat dikaitkan dengan alamat Bitcoin mereka hingga informasi pribadi diungkapkan oleh pemiliknya saat melakukan transaksi, terlebih bagi anda yang menggunakan internet sebagai transaksi, IP address anda tetap akan terbaca saat melakukan transaksi
-          Transaksi instan kurang aman
Transaksi Bitcoin biasanya dilaksanakan dalam beberapa detik dan akan terkonfirmasi dalam 10 menit. Selama waktu itu, sebuah transaksi yang dianggap otentik dapat dibatalkan. Pengguna yang tidak jujur bisa curang. Jika Anda tidak dapat menunggu hingga dikonfirmasi, Anda dapat meningkatkan keamanan dengan meminta bayar biaya transaksi yang kecil atau menggunakan sistem pendeteksi transaksi yang tidak aman. Untuk jumlah yang besar seperti 1000 US$, itu akan masuk akal untuk menunggu 6 konfirmasi atau lebih. Setiap konfirmasi secara eksponensial merendahkan resiko akan pembatalan transaksi.
-          Bitcoin masih experimental
Bitcoin adalah mata uang baru experimental yang masih dalam pengembangan aktif, Anda perlu diingat bahwa Bitcoin adalah penemuan baru yang menjelajahi ide yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, masa depannya tidak bisa diprediksi oleh siapapun.
-          Jangan melupakan pajak pemerintah
Walaupun Bitcoin bukanlah mata uang resmi dan tidak terikat oleh sebuah Negara, tetaplah taat pada pajak dan peraturan pemerintah saat anda menukar ke mata uang negara anda.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?
Anda dapet mendapatkan bitcoin dengan cara membeli Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger-exchanger seperti beberapa diantaranya bitcoin.co.id, mtgox , dan btc-e

( dari berbagai sumber )

No comments:

Post a Comment